Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Cras a mauris placerat, ornare lectus sit amet, blandit dui. Sed consectetur nunc vel libero malesuada, ac porta sapien suscipit. Praesent pretium mattis sapien, a molestie sapien ultrices quis. Praesent condimentum sem turpis, at elementum lacus dapibus eu. Phasellus ultricies semper dui nec lacinia. Aenean eget est posuere, tristique ex eget, tincidunt eros. Vivamus ullamcorper venenatis accumsan. Pellentesque dolor diam, consequat ut tempor quis, dapibus sit amet urna. Phasellus nulla ante, tincidunt eget erat nec, convallis lacinia ipsum. Nam convallis orci dui, ac accumsan mauris facilisis eget. Vestibulum sed dui non orci sagittis blandit in eget enim. Donec eget tellus enim. Etiam augue nulla, elementum vitae sapien a, cursus aliquam ante. Proin vitae ligula pharetra, volutpat nisi id, maximus enim. Mauris fringilla justo sed tincidunt sagittis. Sed odio erat, placerat eu massa quis, tincidunt pharetra nibh.

Saturday, May 25, 2013

Map reduce dan NoSQL


Map Reduce merupakan sebuah konsep dimana data yang kontinue dipecah menjadi bagian data / komponen data kecil dan didistribusikan melalui mesin-mesin yang terhubung secara cluster. Bisa dibilang map reduce merupakan sebuah framework yang digunakan untuk mempercepat proses pengolahan data pada konsep cloud computing.

Salah satu contoh penerapan nyata map-reduce ini dalam suatu produk adalah yang dilakukan Google. Dengan inspirasi dari functional programming map dan reduce Google bisa menghasilkan filesystem distributed yang sangat scalable, Google Big Table. [1]

Berikut daftar produk open source mengenai Map Reduce :[2]

  1. Apache Hadoop - http://hadoop.apache.org (open source)
  2. Pig - http://incubator.apache.org/projects/pig.html
  3. Cascading - http://www.cascading.org
  4. Microsoft Dryad - http://research.microsoft.com/research/sv/Dryad/
  5. IBM MapReduce Tool for Eclipse - http://www.alphaworks.ibm.com/tech/mapreducetools
  6. Skynet - http://skynet.rubyforge.org
  7. CouchDB - http://incubator.apache.org/couchdb


NoSQL adalah istilah yang dikenal dalam teknologi komputasi untuk merujuk kepada kelas yang luas dari sistem manajemen basis data yang di identifikasikan dengan tidak mematuhi aturan pada model sistem manajemen basis data relasional yang banyak digunakan.[3]

NoSQL tidak seperti sistem basis data pada umumnya yang menggunakan syntax SQL dalam pengoperasian  nya dalam mengakses sebuah database. Pada konsep NoSQL, untuk mengakses data pada database dapat menggunakan object-oriented programming yang banyak digunakan oleh developer pada saat ini. 

Namun begitu, metode ini masih kalah populer dengan metode SQL biasa. Hanya untuk kebutuhan yang khusus ada perusahaan yang menggunakannya. Walaupun begitu NoSQL dapat menjadi alternatif lain untuk pengaksesan sebuah database. Salah satu produk yang menyediakan NoSQL yang saya ketahui adalah MongoDB. Saya rasa produk ini populer di kalangan depelover yang menggunakan NoSQL.


Sumber :


No comments :

Post a Comment